KEGIATAN DOSEN

PELAKSANAAN TRI DHARMA PERGURUAN TINGGI- PENGAJARAN-PENELITIAN-PENGABDIAN MASYARAKAT

Selasa, 31 Desember 2013

SIDANG TERBUKA PROMOSI DOKTOR- PROMOVENDUS : DEDDY PANDJI SANTOSA





 BANDUNG, 21 MARET 2012

 PEMAPARAN SINGKAT PADA SIDANG TERBUKA PROMOSI DOKTOR

Bismilahirohmanirohim
Assalamualaikum warohmatulohi wabarokatuh

Puji syukur Penulis  panjatkan kehadirat Allah SWT, karena pada hakekatnya berkat Kehendak-Nya, Penulis dapat melaksanakan Sidang Terbuka ini dan memperoleh kesempatan untuk memaparkan hasil penelitian disertasi, yang berjudul “PENGARUH IMPLEMENTASI KEBIJAKAN DAN KOORDINASI TERHADAP EFEKTIVITAS ORGANISASI PADA BAPPEDA DI KAWASAN BANDUNG RAYA”,  
Penulis menyadari sepenuhnya, bahwa didalam pemaparan ini masih terdapat banyak kekurangannya. Oleh sebab itu, perkenankanlah penulis dengan segala kerendahan hati untuk mengucapkan terima kasih yang setulus-tulusnya kepada yang terhormat Tim Promotor : Bapak Prof. Dr. H. Tjahjo Sutisnawidjaja, MS. selaku ketua dan Bapak Prof. Dr. H. Iman Sudirman, DEA selaku anggota, yang telah memberikan arahan, petunjuk dan bimbingan kepada penulis selama penyusunan disertasi ini.
Penulis juga ingin menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada yang terhormat para Guru Besar sebagai penelaah dan penguji:
  1. Bapak Prof. Dr. H. M. Didi Turmudzi, Msi., selaku Rektor Universitas Pasundan Bandung, yang berkenan memberikan kesempatan kepada penulis untuk mengikuti sidang terbuka ini,
  2. Bapak-Bapak Penelaah/Penguji :  
Prof. Dr. Ir. H. Eddy Jusuf Sp, M.Si, M.Kom;   Prof. Dr. H. Benyamin Harits. MS;    Prof. Dr. H. Soleh Suryadi, M.Si;  Prof. Dr. H. Tjahjo Sutisnawidjaja, MS;   Prof. Dr. H. Iman Sudirman, DEA dan Representasi Guru Besar Luar : Prof. Dr. H. Budiman Rusli, MS

Penulis mohon ijin untuk menyampaikan pemaparan mengenai Penelitian Disertasi  yang telah dilaksanakan sejak bulan agustus 2009 sd bulan juli 2010 selama dua semester.
Masalah utama penelitian ini, adalah rendahnya Efektivitas Organisasi BAPPEDA di Kawasan Bandung Raya. Hal tersebut diduga disebabkan oleh Implementasi Kebijakan dan Koordinasi belum berjalan secara baik dan efektif
            Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif analisis melalui pendekatan kuantitatif.
·         Tujuan penelitian adalah menganalisis penerapan Implementasi Kebijakan dan Koordinasi dalam meningkatkan Efektivitas Organisasi,
·         Menganalisis besarnya pengaruh Implementasi Kebijakan dan Koordinasi secara simultan dalam meningkatkan Efektivitas Organsisasi dan
·         Menganalisis besarnya pengaruh  Implementasi Kebijakan diukur secara parsial melalui faktor komunikasi, faktor sumber daya, faktor sikap, faktor struktur birokrasi dalam meningkatkan Efektivitas Organisasi serta
·         Menganalisis besarnya pengaruh Koordinasi diukur secara parsial melalui faktor penyatupaduan, faktor keselarasan, faktor keserasian dalam meningkatkan Efektivitas Organisasi.
Instrumen pokok untuk pengumpulan data penelitian ini adalah kuesioner, sedangkan wawancara, dokumentasi dan pengamatan sebagai instrumen pelengkap. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik statistik SEM (Structural  Equations Modelling) dengan menggunakan software Lisrel versi 8.70.
*      Hasil penelitian ini mengungkapkan, bahwa Implementasi Kebijakan dan Koordinasi secara desktriptif telah memberikan konstribusi positif terhadap Efektivitas Organisasi pada BAPPEDA, namun belum berjalan sesuai faktor-faktor secara efektif.
*      Hasil analisis statistik menunjukkan, bahwa variabel Implementasi Kebijakan dan Koordinasi secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Efektivitas Organisasi BAPPEDA sebesar 85,0%. Hal ini bermakna, bahwa sekitar 15,0% adalah pengaruh variabel lain (epsilon) sebagai variabel yang tidak diteliti.   
*      Variabel Implementasi Kebijakan secara parsial memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Efektivitas Organisasi sebesar 0,352 atau 35,2% dengan tingkat kepercayaan 95% melalui faktor komunikasi 0,289 atau 28,9%, sumberdaya 0,313 atau 31,3%,  Sikap 0,363 atau 36,3%, struktur birokrasi 0,198 atau 19,8%. Faktor Sikap memiliki persentase yang paling besar sehingga dapat dimaknai bahwa faktor sikap harus lebih mendapatkan perhatian dan prioritas utama dalam rangka meningkatkan efektivitas organisasi.
*      Variabel Koordinasi secara parsial memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Efektivitas Organisasi sebesar 0,498 atau 49,8% dengan tingkat kepercayaan 95% yang dicerminkan oleh faktor tertinggi : Keselarasan 0,461 atau 46,1%, keserasian 0,441 atau 44,1%, dan penyatupaduan  0,304 atau 30,4%. Faktor keselarasan memperoleh persentase yang paling besar, yang maknanya adalah bahwa faktor keselarasan yang paling kuat pengaruhnya terhadap peningkatan efektivitas organisasi, maka faktor keselarasan harus mendapatkan prioritas utama didalam pelaksanaannya karena dengan demikian efektivitas organisasi Bappeda juga akan lebih meningkat.
Di sisi lain ternyata, bahwa hubungan antara variabel Implementasi Kebijakan dan Koordinasi dalam kategori kuat sebesar 0,744 atau 74,4%.
Ø  Kesimpulan penelitian ini menunjukkan, bahwa secara deskriptif variabel Implementasi Kebijakan dan Koordinasi dapat meningkatkan Efektivitas Organisasi serta
Ø  Variabel Implementasi Kebijakan dan Koordinasi secara simultan maupun secara parsial memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Efektivitas Organisasi pada BAPPEDA di Kawasan Bandung Raya.
Dengan demikian dapat diinterpertasikan, bahwa jika pelaksanaan Implementasi Kebijakan dan Koordinasi ditingkatkan sesuai dengan faktor-faktornya, maka Efektivitas Organisasi pada BAPPEDA di Kawasan Bandung Raya akan meningkat pula.
Dengan demikian penulis dapat mengambil sikap terhadap teori-teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah: bahwa Teori-teori tentang Implementasi Kebjakan dan Teori tentang Koordinasi terbukti masih relevan dan masih dapat digunakan untuk mengukur/meningkatkan efektivitas organisasi.
Demikian pemaparan dari Penulis ini, dengan segala kerendahan hati memohon untuk  dapat dimaklumi atas segala kekurangan dan kekeliruannya, Terima kasih atas segala perhatiannya.
Wabilahitaufik wal hidayah Wasalammualaikum warohmatulohi wabarokatuh.

1 komentar: