KEGIATAN DOSEN

PELAKSANAAN TRI DHARMA PERGURUAN TINGGI- PENGAJARAN-PENELITIAN-PENGABDIAN MASYARAKAT

Kamis, 02 Januari 2014

JOURNAL ILMIAH ( BUDAYA)


Digital Library Universitas Pasundan

A member of the IDLN Network
MENGEMBALIKAN BUDAYA UNTUK MENINGKATKAN MARTABAT BANGSA
Journal from JBPTUNPASPP / 2013-11-07 00:03:36
Oleh : Deddy Pandji Santosa, Doktor ilmu sosial
Dibuat : 2013-11-07, dengan 1 file

Keyword : budaya
Subjek : budaya
Kepala Subjek : budaya
Nomor Panggil (DDC) : 306
Apabila kita membahas mengenai keterpurukan bangsa saat ini,sesungguhnya itu dimulai sejak masuknya bangsa Belanda lebih kurang 3,5 abad yang lalu untuk menjajah negeri ini walaupun awalnya tidak ada maksud untuk itu,secara sistematis dan perlahan lahan terjadi proses pembodohan, penghancuran identitas diri ,seperti bahasa ,budaya , adat istiadat,dll.

Hal ini menggiring pertanyaan : Apakah tesis Samuel P. Huntington mengenai the clash of civilsation sudah melanda Indonesia ? Apakah Indonesia masih dapat bertahan hidup (survival) sebagai suatu Negara bangsa ? Apakah Indonesia masih akan eksis dimasa mendatang ?

Sesuai dengan kesepakatan bersama, landasan pengembangan kebudayaan nasional adalah nilai-nilai luhur budaya bangsa yang tertuang dalam Pancasila. Pancasila merupakan nilai-nilai inti (core values) yang membentuk konfigurasi yang saling terkait dan melengkapi sehingga menjadi etos budaya bangsa. Kalau telah dihayati oleh seluruh masyarakat, etos kebudayaan yang berintikan kelima nilai luhur Pancasila akan berfungsi sebagai kerangka acuan masyarakat untuk menghadapi tantangan jaman, baik yang berasal dari dalam masyarakat Indonesia maupun yang berasal dari luar.

Keanekaragaman faktor sosial budaya di Indonesia harus dipahami sebagai potensi yang pemanfaatannya belum optimal dalam proses pembangunan masyarakat. Padahal faktor sosial budaya lokal merupakan modal sosial yang besar yang telah tumbuh berkembang secara turun temurun yang hingga kini masih kuat berakar dimasyarakat.

Aktualisasi faktor sosial budaya lokal menjadi masahalah yang strategis untuk didiskusikan kembali. Lebih-lebih bila dikaitkan dengan keadaan di Indonesia yang berada dalam proses demokrasi dan reformasi disegala bidang pembangunan. Ketika Indonesia mengalami keterpurukan akibat krisis ekonomi yang berkepanjangan, strategi pembangunan yang berpusat pada rakyat agaknya membutuhkan perubahan yang sangat mendasar dari pendekatan yang caritis atau residual menjadi faktor pemberdayaan masyarakat.
PropertiNilai Properti
ID PublisherJBPTUNPASPP
OrganisasiDoktor ilmu sosial
Nama KontakHilman Firmansyah
AlamatJln. Setiabudi 193
KotaBandung
DaerahJawa Barat
NegaraIndonesia
Telepon+6281320022883

Tidak ada komentar:

Posting Komentar